• (024) 6723456
  • info@stekom.ac.id

Strategi pemasaran Anda akan berubah tergantung di mana Anda berada dalam siklus pertumbuhan perusahaan Anda — memulai, menskalakan, menjalani transformasi — dan hanya dengan memahami bagaimana pemasaran berkembang dengan tahapan bisnis Anda, Anda dapat tetap menjadi yang terdepan dan berkembang.

 

Saat Anda baru memulai, hal cerdas yang harus dilakukan adalah menetapkan arah untuk pertumbuhan yang cepat. Mulai pemasaran sesegera mungkin, jika Anda bisa, dan pastikan itu selaras dengan tujuan dan sasaran perusahaan Anda. Seberapa berharga kampanye pemasaran awal Anda sebagian bergantung pada di mana perusahaan Anda berada dalam skala kewirausahaan — apakah Anda memiliki ide inovatif yang telah terbukti, atau apakah Anda mencoba memperbaiki masalah yang belum diketahui siapa pun? Apapun masalahnya, fokuslah pada apa yang membuat produk Anda berbeda dari orang lain di pasar.

 

Seed stage

 

Startup tahap awal melakukan banyak penelitian, tetapi masih banyak yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan kesan pertama yang baik dan mempercepat proses pengembangan produk Anda. Pemasaran sangat penting untuk membantu perusahaan Anda menyebarkan berita tentang produk Anda dan membangun merek Anda.

 

Menganalisis kompetisi terbayar. Fokus pada perusahaan yang ingin dikalahkan oleh produk Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan semua aspek produk mereka, termasuk strategi pemasaran, titik harga, dan demografi pelanggan. Gunakan produk ini sebagai studi kasus untuk melengkapi upaya pemasaran Anda.

 

Pada saat yang sama, Anda harus fokus pada kesesuaian pasar produk — bukan hanya produk Anda. Jika cukup berbeda dan memecahkan masalah nyata, Anda berada di jalur yang benar. Jika itu hanya memenuhi kebutuhan yang ada atau tidak mengisi kekosongan tertentu di pasar, taruhan terbaik Anda mungkin adalah mengerjakan ulang model Anda.

 

Launch stage, awareness

 

Mempersiapkan kampanye pemasaran peluncuran sangat penting, dan kemungkinan akan menjadi salah satu investasi terbesar, jika bukan terbesar, yang Anda lakukan selama startup Anda. Luangkan waktu Anda dan lakukan dengan benar; Anda pasti ingin memastikan pemasaran Anda seefektif mungkin ketika tiba saatnya untuk diluncurkan.

 

Pada tahap ini, Anda memiliki waktu terbatas — hanya di bawah 90 hari dan biasanya hanya tiga hari — jadi mulailah segera. Sesuaikan upaya pemasaran Anda untuk setiap fase peluncuran untuk efektivitas dan efisiensi maksimum. Perusahaan yang paling sukses menggunakan anggaran pemasaran mereka di semua tahap rilis produk, dengan fokus pada audiens inti sejak awal dan mempertahankan keterlibatan jangka panjang hingga kemudian dalam siklus hidup dengan basis pelanggan yang lebih luas.

 

Growth and survival stage

 

Setelah perusahaan Anda membangun basis pelanggan yang setia dan umumnya stabil, inilah saatnya untuk mulai memeriksa bagaimana Anda dapat membedakan produk, posisi pasar, dan bisnis Anda.

Ini adalah waktu yang tepat untuk menilai strategi pemasaran lain yang berhasil untuk Anda dan bagaimana strategi tersebut dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan yang berubah. Misalnya, Anda memiliki audiens yang tertarik pada pemasaran media sosial tetapi tidak pada pencarian organik. Mungkin ada baiknya mencoba penelusuran organik sebelum berkomitmen pada iklan atau promosi.

 

Pemasaran pada tahap ini seharusnya tidak lagi menjadi pengeluaran baru — pemasaran harus menjadi bagian dari strategi inti sejak awal. Perusahaan harus terus-menerus membandingkan strategi pemasaran mereka dari waktu ke waktu untuk tetap kompetitif dan mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang bagaimana produk mereka masuk ke pasar.

 

 

Expansion and segmentation stage

 

Pada tahap ini, Anda harus memastikan produk Anda masih relevan dengan pasar — ??buatlah itu menarik bagi sebanyak mungkin orang dengan memperluas basis pelanggan Anda. Fokus pada ekspansi dengan mengidentifikasi peluang baik dari dalam maupun dari luar pasar Anda saat ini.

 

Anda dapat mencari pasar baru atau mencoba memposisikan ulang produk di pasar yang ada dalam hal pemasaran. Memperluas ke pasar baru menghadirkan peluang untuk pertumbuhan tetapi mungkin memerlukan beberapa penyesuaian pada produk dan model bisnis Anda. Reposisi memungkinkan Anda untuk menarik audiens yang lebih luas sambil mempertahankan produk dan model bisnis yang sama. Namun, ini sering kali berarti membuat perubahan seperti menambahkan lebih banyak fitur atau meluncurkan produk tambahan.

 

Maturity stage

 

Pada tahap ini, Anda harus memprioritaskan dan merencanakan pertumbuhan dengan membentuk kemitraan strategis dan mengakuisisi atau bermitra dengan perusahaan lain. Saat Anda tumbuh, Anda harus mengidentifikasi pasar mana yang menjadi fokus dan strategi pertumbuhan berbeda apa yang dapat diterapkan.

Pemasaran pada tahap ini seharusnya tidak lagi menjadi pengeluaran baru — itu harus menjadi bagian dari strategi inti sejak awal siklus hidup perusahaan Anda.

 

Saat berekspansi ke pasar baru, fokuslah untuk menemukan mitra yang sudah ada dengan harapan dapat mereplikasi kemitraan yang sukses di pasar lain. Anda juga dapat memperoleh pesaing atau bermitra dengan mereka di kemudian hari jika Anda memutuskan bahwa pertumbuhan melalui akuisisi adalah pilihan terbaik untuk perusahaan Anda.

 

An ongoing process

 

Perusahaan Anda akan terus berkembang sepanjang siklus hidupnya, dan strategi pemasaran Anda harus mengikutinya. Akibatnya, Anda harus tetap mengikuti tren dan perkembangan terbaru dalam pemasaran. Ini termasuk mengevaluasi posisi pasar produk Anda secara teratur serta mengembangkan fitur baru yang dapat menarik audiens yang lebih luas. Produk baru dapat disertai dengan pesan baru. Mereka harus dipasarkan secara terpisah, tetapi konsistensi sangat penting untuk pertumbuhan. Pertimbangkan bagaimana beberapa produk dapat dipasarkan bersama-sama.

 

Pilih sejumlah strategi dan alat yang berbicara kepada audiens yang berbeda, tetapi pastikan mereka bekerja sama secara keseluruhan. Ingatlah bahwa keberhasilan pemasaran bergantung pada kombinasi antara inovasi dan eksekusi.

 




























https://www.entrepreneur.com/article

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved