• (024) 6723456
  • info@stekom.ac.id

Mengembangkan Bisnis Melalui Strategi 3C : Connect, Convince, Collaborate

 

Tidak peduli seberapa baik Anda memasarkan produk atau layanan Anda, atau seberapa banyak perhatian yang diterima merek Anda, Anda tidak akan menuai keuntungan jika Anda tidak menghasilkan penjualan. Anda mungkin membujuk konsumen untuk memeriksa produk atau layanan Anda, tetapi bagaimana Anda mengunci kesepakatan? Apakah mereka menindaklanjuti dengan melakukan transaksi pembelian, atau apakah produk Anda hanya tersimpan di keranjang mereka selama berminggu-minggu?

 

Schultz, co-presiden RAIN Group dan pakar penjualan, dan Doerr menemukan dalam penelitian mereka bahwa cara memenangkan penjualan dapat dicirikan oleh perilaku spesifik pada tiga tingkat yang berbeda. Dimana setiap tingkat menguraikan dan menjelaskan bagaimana penjualan profesional dapat memasukkan perilaku ini ke dalam strategi pemasaran :


#Tingkat 1: Hubungkan(Connect)
Menghubungkan titik-titik antara kebutuhan pelanggan dan solusi perusahaan. Produk dan layanan mereka ada untuk memperbaiki masalah konsumen. Dalam studi tersebut, pembeli mengungkapkan bahwa pemenang mendengarkan mereka dan terhubung dengan mereka secara pribadi.
Berfokus pada kebutuhan pelanggan dan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli sangat penting untuk memenangkan penjualan. Jangan hanya mengamankan transaksi secara robotik dan kemudian beralih ke target Anda berikutnya; memperlakukan setiap orang dengan hormat dan penting, dan membantu mereka selama proses penjualan jika diperlukan. Anda perlu mempertimbangkan alasan mereka mencari produk atau layanan Anda.


#Level 2: Meyakinkan(Convince)
Meyakinkan pembeli tentang tiga ide: Mereka dapat mencapai pengembalian maksimum, risikodapat diterima dan penjual adalah pilihan terbaik yang tersedia. Banyak penjual berjuang untuk meyakinkan pembeli tentang gagasan seperti itu, dan beberapa bahkan tidak berusaha untuk melakukannya. Namun, ketika mereka dapat melakukannya, data menunjukkan bahwa mereka memenangkan lebih banyak penjualan. Fokus pada masalah yang dimiliki orang tersebut dari pada hal lain. Meskipun faktor harga menjadi keputusan mereka, pembeli juga tertarik pada bagaimana produk dan layanan dapat memecahkan masalah mereka lebih baik daripada solusi lain yang tersedia.


#Tingkat 3: Berkolaborasi(Collaborate)
Pembeli menganggap pemenang adalah yang responsif, proaktif, dan mudah untuk membeli. Selanjutnya, pembeli merasa bahwa dengan membeli barang dan jasa melalui first-place finishers, mereka berkolaborasi dengan penjual untuk mencapai tujuan bersama. Kolaborasi ini merupakan bagian integral dan membantu konsumen merasa didukung dan dipahami selama proses penjualan, karena pembeli menginginkan konfirmasi bahwa Anda memahami kebutuhan mereka dan akan melakukan apa yang perusahaan bisa untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

** Sales process
Strategi 3C dapat menemukan kesuksesan penjualan, namun Anda juga perlu pertimbangkan untuk berinvestasi dalam perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM) untuk mengelola dan mengembangkan daftar klien dan prospek bisnis Anda dengan lebih baik.


 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved