• (024) 6723456
  • info@stekom.ac.id

Menurut definisi, loyalitas merek adalah keputusan emosional konsumen untuk sangat menyukai suatu merek dan melakukan pembelian berulang karena mereka merasa bahwa merek tersebut memahami kebutuhan mereka.

 

Mereka tidak perlu terlalu diyakinkan karena mereka sudah menikmati produk Anda dan jelas lebih menyukainya, bahkan dibandingkan pesaing dengan penawaran serupa dan harga lebih rendah.

 

Setiap orang memiliki merek yang mereka setia. Ini bisa menjadi kedai kopi lokal mereka. Bagi yang lain, itu mungkin pub di ujung jalan. Anda bahkan mungkin merasa terhubung dengan merek yang belum Anda beli tetapi masih tertarik. Kepercayaan adalah sumber daya tarik yang paling umum.

 

Pikirkan tentang beberapa merek yang Anda sukai

 

Apa yang mendorong preferensi tersebut? Apakah itu layanan yang baik? Apakah ini tentang titik harga? Apakah itu pengalaman? Apakah kombinasi dari ketiganya?

 

Orang suka berbelanja secara konsisten untuk merek yang dapat mereka percayai, dan preferensi itulah mengapa Anda perlu menimbulkan loyalitas dari pelanggan Anda.

 

Manfaat loyalitas merek

 

1.    Iklan gratis dari pelanggan Anda yang puas dan setia dalam bentuk dari mulut ke mulut

2.    Keunggulan kompetitif di pasar

3.    Pembelian berulang produk Anda

4.    Penjualan dan keuntungan yang lebih tinggi

5.    Kemungkinan lebih rendah bahwa pelanggan setia akan terkesan oleh pesaing Anda

 

Customer loyalty vs. brand loyalty

 

Loyalitas pelanggan bertumpu pada kualitas produk/layanan Anda. Untuk mendapatkan loyalitas pelanggan, merek Anda harus memenuhi harapan pelanggan dan melayani kebutuhan keuangan mereka. Anda dapat, misalnya, meningkatkan loyalitas pelanggan dengan menggunakan strategi harga dan diskon yang tepat.

 

Loyalitas merek, di sisi lain, didorong oleh hubungan konsumen dengan merek Anda. Loyalis dipengaruhi oleh faktor selain produk atau layanan yang Anda tawarkan. Untuk membangun loyalitas merek, Anda harus terhubung dengan pelanggan Anda secara pribadi.

 

=> Pelanggan setia mengatakan, “Saya percaya pada produk Anda,” sementara pelanggan setia merek mengatakan, “Saya percaya merek Anda.”

 

Intinya: Loyalis merek adalah pelanggan impian Anda. Menciptakan loyalitas merek tidak mudah, tetapi itu sepadan dengan usaha.

 

Mengapa konsumen setia pada merek Anda?

 

Apa yang memotivasi pelanggan untuk tetap setia?

Percakapan advokasi merek bisa menjadi rumit. Beberapa karakteristik atau perilaku merek lebih mungkin menghasilkan promosi dari mulut ke mulut online yang positif, tetapi seluk-beluknya sering bernuansa. Tetapi jelas bahwa konsumen saat ini mengharapkan lebih banyak dari merek daripada sebelumnya.

 

Berikut adalah beberapa area utama yang berkontribusi untuk memenangkan audiens Anda:

1. Anda memiliki produk berkualitas tinggi.

 

Jika produk Anda tidak bagus, tidak mudah untuk membangun loyalitas merek. Meskipun konsumen mungkin menghabiskan lebih sedikit akhir-akhir ini, penelitian menunjukkan bahwa orang masih senang membayar lebih untuk kualitas.

 

Konsumen yang mengadvokasi merek tetap setia kepada mereka karena mereka menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang wajar. Hal ini juga yang memotivasi mereka untuk mempromosikan brand-brand tersebut melalui media sosial.

 

2. Audiens Anda telah terlibat secara positif dengan merek Anda sebelumnya.

 

Orang-orang selalu mencari interaksi manusia di dunia virtual, jadi terlibat dengan pelanggan Anda dapat membuat perbedaan besar. Ini adalah saat-saat yang memicu koneksi dan respons emosional.

 

Anda dapat menciptakan kesan abadi untuk merek Anda dengan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung, baik mereka di media sosial atau di belakang meja. Meminta umpan balik adalah cara yang bagus untuk melakukannya. Anda tidak hanya akan menunjukkan kepedulian Anda terhadap apa yang penting bagi mereka, tetapi Anda juga akan dapat mendengar saran dan perbaikan produk yang diusulkan langsung dari pelanggan Anda.

 

3. Anda memiliki layanan pelanggan yang sangat baik.

 

Pengalaman buruk membuat pelanggan pergi lebih cepat dari yang Anda kira.

Bahkan jika Anda memiliki produk paling inovatif, Anda tidak akan berhasil tanpa layanan pelanggan yang sangat baik. Pelanggan ingin merasa dihargai saat berbisnis dengan Anda.

 

Bagaimana Anda bisa membangun loyalitas merek?

 

1. Libatkan pelanggan Anda

 

Tanpa keterlibatan pelanggan, loyalitas merek tidak mungkin terjadi. Ini seperti meminta promosi di tempat kerja tanpa benar-benar melakukan pekerjaan Anda.

 

Terlibat dengan pelanggan dan pengikut Anda dapat membantu Anda membangun rasa kebersamaan dan memiliki. Gunakan media sosial untuk memberi tahu pelanggan tentang tren baru, penawaran khusus, dan langkah perusahaan Anda selanjutnya. Interaksi pelanggan Anda harus terasa seperti percakapan.

 

2. Perhatikan harga yang Anda tetapkan untuk produk Anda.

 

Harga dan nilai merupakan pertimbangan penting bagi pelanggan dalam membuat keputusan pembelian. Selain itu, pelanggan lebih cenderung mengadvokasi bisnis Anda jika mereka menerima nilai untuk uang mereka.

 

3. Dapat diandalkan dan dapat dipercaya.

 

Keandalan merek adalah salah satu faktor penting kepercayaan konsumen, yang dibutuhkan merek Anda untuk berhasil. Ini didasarkan pada keyakinan bahwa merek Anda dapat mencapai proposisi nilainya dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam bentuknya yang paling dasar, keandalan adalah harapan bahwa merek Anda akan secara konsisten berkinerja seperti yang dibayangkan oleh pelanggan.

 

Gagasan tentang keandalan merek berkembang dengan cara yang sama seperti orang membentuk kepercayaan dalam hubungan interpersonal. Artinya, kepercayaan tumbuh dalam hubungan yang baru terbentuk berdasarkan tindakan yang konsisten dan dapat diprediksi dari para peserta. Kami datang untuk memercayai orang-orang yang bertindak sesuai harapan yang kami miliki dari mereka. Demikian juga, ketika produk yang kami gunakan dari suatu merek berkinerja andal, kami menjadi percaya pada merek tersebut — dan menjadi setia padanya.

 

4. Dengarkan dan pelajari dari pelanggan Anda.

 

Pelanggan Anda ingin Anda mendengarnya, jadi mendengarkan mereka sangat penting untuk menciptakan loyalitas merek.

 

Memahami poin rasa sakit pelanggan dan apa yang menyenangkan mereka akan membantu Anda tetap terdepan dari potensi masalah dan memastikan bahwa produk dan layanan Anda ditingkatkan sesuai dengan itu.































https://www.business2community.com/

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved