• (024) 6723456
  • info@stekom.ac.id

Sebagian besar bisnis memiliki situs web dan profil di media sosial. Dan banyak dari mereka memanfaatkan iklan berbayar, pemasaran influencer, dan sejumlah taktik pemasaran untuk terhubung ke audiens.

Sulit membayangkan saat di mana bisnis tidak menggunakan internet sama sekali. Namun itulah yang terjadi. Pemilik usaha kecil mendapat penjualan dari rekomendasi dari mulut ke mulut. Dan mereka mengandalkan bentuk pemasaran tradisional seperti iklan surat kabar, papan reklame, dan banyak lagi.

Saat ini, dengan begitu banyak persaingan di luar sana, Anda harus lebih kreatif untuk berhasil. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan teknik hybrid marketing yang menggabungkan strategi online dan offline.

Ingin tahu bagaimana menyeimbangkan pemasaran offline dan online Anda?

1.  Manfaat memadukan komunikasi pemasaran offline dan online

Menggunakan pemasaran offline dan online juga dikenal sebagai pemasaran hibrida. Dan salah satu manfaatnya adalah memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas.

Mengandalkan satu mode komunikasi berarti Anda akan kehilangan audiens yang tidak dapat menggunakan konten Anda.

Misalnya, seseorang yang sering bepergian untuk bekerja tidak akan dapat membaca posting blog Anda. Tetapi mereka lebih cenderung melihat papan reklame atau mendengarkan radio.

Manfaat utama dari memadukan strategi pemasaran yang berbeda adalah bahwa setiap metode pemasaran dapat mendukung yang lain. Mengetahui cara menautkannya adalah kuncinya. Misalnya, menggunakan iklan cetak untuk mengarahkan orang ke halaman media sosial Anda. Atau membuat iklan online untuk meningkatkan jumlah pengunjung di toko fisik Anda.

 

2.  Cara efektif untuk memadukan komunikasi offline dan online

Ada banyak manfaat memadukan komunikasi pemasaran offline dan online. Misalnya, pemasaran online memungkinkan Anda menerima informasi dengan cepat, menjangkau khalayak yang lebih luas dan memberikan margin keuntungan yang lebih besar.

Pemasaran offline memungkinkan Anda berinteraksi langsung dengan pelanggan melalui acara, seminar, dan konferensi. Meskipun kedua mode ini berbeda, mereka dapat terhubung satu sama lain. Dan dalam prosesnya, membuatnya bekerja sama menciptakan pengalaman yang mendalam bagi audiens Anda. Mari kita lihat bagaimana melakukan hal itu.

a. Gunakan kit merek Anda secara konsisten

Cara efektif untuk memadukan komunikasi online dan offline adalah dengan menggunakan kit merek Anda di semua saluran pemasaran.

Ini berarti menggunakan warna, font, nada tulisan yang sama, dan banyak lagi. Untuk memudahkan, buat dokumentasi di mana setiap orang yang terhubung dengan aktivitas pemasaran Anda memiliki akses yang mudah.

Pembuat konten dan pemasar Anda akan dengan mudah mengambil warna, grafik, dan detail lain yang tepat agar pesan Anda terdengar konsisten.

Juga, ingatlah untuk melatih layanan pelanggan Anda sehingga pengiriman mereka saat berbicara dengan pelanggan atau mengobrol dengan mereka tetap sejalan dengan suara merek Anda.

 

b.Gunakan kata kunci yang sama di seluruh saluran

Audiens Anda menggunakan kata kunci khusus untuk menemukan apa yang mereka butuhkan secara online. Dan penting untuk mengoptimalkan salinan web, halaman arahan, dan posting blog Anda untuk mencerminkan kata kunci ini. Ini agar Google dan audiens Anda dapat menemukan konten Anda dan memahami apa itu semua.

Namun, pendekatan ini juga berfungsi untuk komunikasi offline. Saat membuat iklan tradisional, poster, pamflet, pesan radio, dan konten lainnya, pastikan untuk menggunakan kata kunci yang tepat.

Intinya, kata kunci mewakili cara pelanggan berpikir dan mencari informasi. Mereka mengatakan banyak tentang maksud dan tujuan mereka.

Dengan mengungkapkan komunikasi online dan offline Anda menggunakan kata kunci yang relevan, Anda membuat konten branding Anda lebih konsisten.

 

c. Fokus untuk menciptakan prospek

Salah satu masalah dengan pemasaran offline adalah tidak dapat dikonversi menjadi prospek. Orang mungkin melihat spanduk di toko dan mengambil tindakan dengan membeli sesuatu. Tetapi jika Anda tidak mendapatkan alamat email mereka, maka Anda tidak memiliki cara untuk terhubung dengan pembeli Anda.

Pastikan Anda terus mendorong pemasaran offline untuk membuat prospek online. Artinya, minta pengguna untuk mendaftar ke buletin Anda, dapatkan magnet timbal gratis, atau ikuti Anda di media sosial. Melalui metode tersebut, Anda memiliki cara untuk terhubung langsung dengan komunitas Anda bahkan ketika mereka sedang offline.

Jangan biarkan upaya pemasaran offline Anda berdiri sendiri. Hubungkan mereka dengan tindakan online untuk membangun daftar prospek Anda.

 

d. Gunakan kode QR

Ingin orang menemukan Anda online dari interaksi fisik?

Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan kode QR.

Dengan kode QR, orang-orang yang berada di toko fisik Anda atau yang dapat melihat spanduk Anda dapat mengeluarkan kamera mereka, memindai kode, dan mendapatkan tautan ke media sosial atau situs web Anda atau semacam halaman arahan.

Selalu tawarkan semacam manfaat bagi orang untuk memindai kode QR atau mereka tidak akan melihat alasan untuk melakukannya.

 

e. Manfaatkan hashtag

Cara lain untuk menghubungkan bisnis offline dan online Anda adalah dengan menggunakan hashtag.

Orang-orang sering kali suka mengambil gambar selama acara kehidupan nyata dan bahkan ketika mereka melakukan sesuatu yang normal seperti berbelanja, makan di luar, atau berjalan-jalan.

Anda dapat membuat tagar bermerek atau tagar berbasis acara dan mendorong orang untuk mengambil gambar dan berbagi pengalaman dengan jaringan mereka.

Posting yang dibuat pengguna seperti itu mendapatkan banyak perhatian dan tagar dapat membantu mendorong lebih banyak orang ke merek Anda.

 

f. Manfaatkan Google My Business

Dan bagaimana dengan membuat orang berinteraksi dengan merek Anda dalam kehidupan nyata, pengaturan fisik dari aktivitas online?

Alat yang kurang digunakan adalah direktori Google untuk bisnis yang dikenal sebagai Google Bisnisku.

Anda harus mengklaim kepemilikan toko atau kantor Anda melalui platform Google Bisnisku. Dan Anda memperbarui semua detail yang tersedia untuk Anda dan juga membagikan pos dan pembaruan tepat waktu.

Orang-orang melihat online terlebih dahulu untuk menemukan toko, produk, atau layanan. Dengan mengisi detail Anda dengan hati-hati di platform listingan Google sendiri, Anda akan mendapatkan lebih banyak langkah kaki di ruang kerja Anda dengan lebih mudah.













https://www.business2community.com/

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved